Roseola Infantum

Roseola Infantum

"Roseola" kalo pertama kali kt dgr pasti dikira nama bunga tapi setelah kita tau ternyata ini nama penyakit lho...

Roseola Infantum merupakan penyakit yang cukup sering ditemukan pada balita dan anak dari usia 6 bulan
sampai 3 tahun sehingga disebut infantum, penyakit ini disebabkan oleh virus Herpesvirus 6 dan 7.
Roseola infantum disebut juga sixth disease yang menggambarkan bahwa penyakit ini merupakan penyakit ke-6 yang menunjukkan adanya tanda dan gejala kemerahan pada anak yang hampir sama. Penyakit-penyakit tersebut adalah:
  • First disease          : Campak
  • Second disease      : Penyakit Duke
  • Third disease         : Campak Jerman
  • Fourth disease       : Penyakit Scarlet
  • Fifth diseose          : Eritema Infeksiosum
  • Sixth disease         : Roseola Infantum
Virus  roseola infantum ini disebarkan melalui percikan ludah penderita. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

Penyakit ini sempat membuat para ibu khawatir dan cemas berlebihan, karena pada awalnya (fase prodromal) anak ini mengalami panas tinggi 39,4-40,6° Celsius.
Selain itu bisa juga terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang telinga. Limpa juga agak membesar.
Pada hari keempat infeksi, demam biasanya mulai turun.
Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit), yang mendatar maupun menonjol, terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, lengan dan tungkai.
Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari.
Inilah yang menyebabkan Roseola terkadang salah didiagnosis sebagai campak atau campak jerman karena gambaran dan perjalanan penyakit yang hampir mirip dengan kedua penyakit tersebut.
Disinilah yang harus diperhatikan, pada roseola infantum ruam ini muncul setelah demam reda. Sedangkan pada campak, ruam ini muncul saat penderita masih demam.

Tanda dan Gejala
Tanda dan gejala Roseola Infantum pada bayi cukup khas. Perjalanan penyakit tersebut adalah:
Demam
Pada awal penyakit timbul demam. Demam biasanya tinggi (>39°C) yang berlangsung sekitar 3 hari dan terkadang disertai dengan badan lemah. Bayi dapat terlihat baik-baik saja walaupun demamnya tinggi.
Ruam kemerahan
Setelah demam turun, timbul ruam kemerahan di seluruh tubuh; terutama di daerah sekitar leher dan dada (bedakan dengan campak; ruam timbul ketika anak masih demam). Warnanya kemerahan seperti mawar sehingga disebut dengan roseola (rose artinya bunga mawar). Ruam tersebut tidak akan berubah menjadi nanah atau timbul cairan, serta tidak gatal, dan biasanya akan menghilang dalam waktu 1-2 hari.
Komplikasi yang terjadi
Komplikasi yang paling sering terjadi pada roseola infantum adalah kejang demam (5-15%). Sekitar sepertiga kasus kejang demam pada bayi didahului. Komplikasi lainnya berupa radang selaput otak (meningitis), radang otak (ensefalitis), atau hepatitis, tetapi sangat jarang terjadi.

Pengobatan
  • Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka pengobatan dengan antibiotik tidak diperlukan. Terapi pada kasus ini hanyalah untuk menurunkan demamnya. Pemberian asetaminofen atau parasetamol atau ibuprofen relatif aman untuk menurunkan demam. Sedangkan, pemberian aspirin pada anak-anak sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan sindroma Reye.
  • Selain dengan pengobatan untuk membantu agar suhu turun sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telah dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku).  Dan jangan menggunakan es batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.
  • Usahakan agar anak minum banyak air putih, larutan elektrolit atau kaldu.
  • Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah baring.
  • Bila anak mengalami kejang demam, segera hubungi rumah sakit atau dokter terdekat untuk penanganan kejang. Intinya, jangan panik dan tetap tenang.
  • Jika penyakit ini terjadi pada pasien dengan sistem kekebalan rendah, maka dokter sering memberikan obat antiviral supaya tidak bertambah parah.

Kesimpulan
  • Penyakit roseola infantum disebabkan oleh Herpesvirus 6 dan 7, dan umumnya merupakan penyakit yang ringan.
  • Penyakit khas diawali dengan timbulnya demam, lalu muncul kemerahan di seluruh tubuh ketika demam sudah turun.
  • Komplikasi yang mungkin terjadi adalah kejang demam, radang selaput otak (meningitis), radang otak (ensefalitis), atau hepatitis.
  • Penyakit ini dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari dengan pengobatan simtomatik.
 Semoga bermanfaat buat smua.........

Popular posts from this blog

MANTOUX TEST

ANTI JAMUR

Pre Eklampsia Berat